Mengapa Aqua?

AIR merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia. Tubuh membutuhkan setidaknya 5-8 gelas atau 1,5 liter air per hari. Kalau jumlah air yang sudah dikonsumsi sudah bisa kita penuhi, bagaimana dengan kualitasnya?

Faktanya, kita terkadang kurang memperhatikan mutu air minum. Keraguan akan kualitas air memang menjadi masalah tersendiri. Mengingat kualitas air, terutama di kota besar seperti Jakarta mengalami penurunan, dari air tanah maupun yang berasal dari perusahaan pengelola air minum.

DANONE AQUA, merek air minum dalam kemasan terkemuka di Indonesia mengeluarkan pesan kesehatan sebagai pilar utama kampanye publik yang berlangsung dari Mei 2009. Pesan berfokus pada kemurnian sumber mata air serta kebaikan alam yang terdapat di dalamnya.

Baskorohadi Sukatmo, Brand Director DANONE AQUA, mengatakan, “Kami ingin para pelanggan lebih mengerti apa yang mereka minum, memahami bagaimana kami memilih sumber mata air alami, bagaimana kami menghadirkan kebaikan alam dalam setiap tetes air AQUA, serta bagaimana kami berkomitmen kepada pelestarian sumber daya air sehingga masyarakat Indonesia dapat selalu menikmati air AQUA dari satu generasi ke generasi berikutnya”.

Menurutnya, meskipun AQUA telah mendapat nama baik karena kejernihan airnya, keberadaan mineral seimbang yang dilestarikan secara alamiahlah yang menjadikan AQUA sebagai pilihan air minum sehat.

Sementara Wahyu Triraharja, Manajer Pengelolaan Sumber Daya Air DANONE AQUA mengatakan, “Mata air pegunungan kami mewakili sebagian sumber air alami terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan kami memilih sumber mata air kami dengan seksama”.

Beberapa syarat yang ditekankan, antara lain sumber mata air haruslah memenuhi atau melebihi sembilan kriteria yang sangat spesifik. Setelah memenuhi kriteria awal ini, sumber mata air kemudian menjalani lima tahap proses seleksi yang mencakup penelitian intensif oleh beberapa tim ahli.

“Sering kali terjadi, penelitian butuh waktu lebih dari setahun. Kami mungkin satu-satunya di industri ini yang melakukan proses seleksi sangat ketat. Tidak mengherankan jika tidak semua mata air pegunungan bisa menjadi sumber air AQUA”, tambah Wahyu.

Sumber mata air AQUA secara genetis berasal dari air hujan kemudian terinfilterasi ke dalam sistem lapisan batuan vulkanik dan turun ke lereng pegunungan. Dalam perjalanannya melalui lapisan batu vulkanik, air menyerap mineral yang penting untuk kesehatan, seperti kalsium, sodium, magnesium, dan potassium.

“Kami memastikan kebaikan alami dalam setiap tetes air AQUA terjaga mulai dari sumber sampai ke pelanggan”, tegas Endang S. Sunaryo selaku Vice President R&D DANONE AQUA.

Dalam mewujudkan hal tersebut, AQUA telah memelopori dan menggunakan sistem pengemasan dalam botol yang terintegrasi mulai dari mata air sampai kepada pelanggan. Sistem tertutup ini menunjukkan bahwa tidak ada campur tangan manusia secara langsung sehingga meminimalkan risiko kontaminasi sekaligus menjaga kebaikan alam.

Lebih dalam tentang misi pelestarian alam, AQUA berkomitmen tinggi untuk melindungi dan melestarikan sumber air alami dengan aktif bekerja sama dengan pihak setempat. Kerja sama bertujuan memberdayakan masyarakat melalui program-program yang mendukung akses ke air bersih, penyehatan lingkungan, konservasi alam, pertanian, pengelolaan sampah, pendidikan, sekaligus pengelolaan air irigasi yang berkelanjutan.

“Kami percaya bahwa melestarikan lingkungan hidup dan melindungi sumber air merupakan tanggung jawab banyak pihak, perlu proses, dan waktu lama”, tukas Binahidra Logiardi selaku Sustainable Development & Social Responsibility Manager DANONE AQUA.

Sumber